Senin, 22 Juli 2013

Enam Tahun, Kota Serang Terus Bersolek

Advetorial
SEIRING berjalannya waktu, tak terasa 10 Agustus 2013 nanti Kota Serang genap berusia enam tahun. Tak bisa dipungkiri, jika selama enam tahun terakhir Kota Serang terus bersolek berbenah diri disegala sektor.

Meskipun ada yang menilai, bahwa masih ada target pembangunan yang belum tercapai dalam masa pembangunan di enam tahun terakhir, namun haruslah diakui, jika seluruh elemen pemerintahan telah berbuat yang maksimal, untuk mensejajarkan pembangunan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Salah satu perubahan yang pasti dan manfaatnya sudah langsung dirasakan oleh masyarakat adalah, pembangunan infrastruktur yang tak henti-hentinya dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Serang. Karena alokasi anggarannya yang tidak sebanding dengan kebutuhan infrastruktur, namun sejumlah kalangan menilai, bahwa DPU mampu memaksimalkan pengelolaannya.

Sebut saja pembangunan Infrastruktur perdesaan oleh Bidang Cipta Karya (CK) pada DPU Kota Serang tahun ini. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas jalan lingkungan, Cipta Karya telah melaksanakan pembangunan jalan lingkungan seperti jalan Unyur-Pabuaran RT. 04/04, Kecamatan Serang. Begitu pula di Kelurahan Kaligandu, telah dibangun jalan lingkungan Keneja Jaya RT. 04/14 Kel. Kaligandu, Kec. Serang. Cipta Karya juga telah membanguna jalan lingkungan Ki Uju, kaujon Kidul, Kel. Serang, Kec. Serang, dan jalan Kedalingan, Komplek PDAM, Kec. Serang.

Di Kecamatan Walantaka, Cipta Karya DPU Kota Serang membangun jalan Cigoer Barat-Kantor Kelurahan Nyapah dan jalan lingkungan di Kp.Kemanggisan di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Walantaka.

Kemudian di Kecamatan Taktakan, Cipta Karya DPU Kota Serang membangun jalan di Kp.Karang Asem, Kelurahan Pancur, dan di Kp.Tegal Tonggleng Kelurahan Umbul Tengah. Selain itu ada pula pembangunan jalan di Desa Sukalaksana dan Desa Tinggar, pembangunan jalan desa Puji-Kecacang di Desa Sawah Luhur (lanjutan sampai Kel.Sawah Luhur) dan jalan Trumbu-Cibomo di Kecamatan Kasemen, dan ada juga pembangunan jalan desa di Kel. Banjar Asri, Kecamatan Cipocok Jaya.

Tak hanya itu, terkait Program peningkatan sarana dan perasarana aparatur, Cipta Karya juga melakukan pemagaran pembangunan gedung kantor SKPD Cikulur, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang.  Sementara pekerjaan lain yang juga dilaksanakan oleh Bid CK DPU Kota Serang, adalah pembangunan MCK sebanyak 12 paket, masing-masing di Kaujon Tengah RT.02/02, Gang Bebojong, Kec.Serang, Bumi Mukti RT.04/09 Kec.Serang, samping Masjid Alistianah Kel.Serang Kec. Serang, belakang Musholla Darussalam Sepang Kel. Sepang Kec. Serang, di Kp.Ranca Sawah Kel. Drangong, dan Kp.Tanjung Udik Kel. Sayar Kec. Taktakan.

Pembangunan sarana yang sama juga dilakukan oleh Bid CK DPU Kota Serang, seperti di Kp. Kenari Samping Masjid Makam Sultan Kenari Kel.Kasunyatan, Jl. Banglades Kel. Bendung, dan di Jl. Ciwuni-Pabuaran Desa Pabuaran Samping Madrasah Kec.Kasemen. Lalu ada pula di Kp. Bojot Desa Sukalaksana Samping PAUD Kec. Curug, Kp.Nancang Mesjid Kel. Karundang, Kel.Dalung (Dekat Kantor Kel. Dalung) Kec. Cipocok Jaya, dan pembangunan landsacpe pemkot lama di Kelurahan  Cipare,  Kecamatan  Serang.

Bina Marga (BM)
Tak hanya ke-Cipta Karya-an, Bid Bina Marga pada DPU Kota Serang juga giat melaksanakan pembangunan pembangunan Jalan Ciwandan-Cibomo yang menghubungkan Kecamatan Walantaka dengan Kecamatan Kasemen. Kemudian Bina Marga juga membangun jalan Nyapah-Gandul di Kec Walantaka, jalan Jakung-Gedeg di Kecamatan Taktakan, jalan Ampel-Nambo (lanjutan) di Kecamatan Walantaka, jalan Silebu-Ampel  (lanjutan) di Kecamatan Walantaka, jalan Cigintung-Dalung (lanjutan) di Kecamatan Cipocok  Jaya, dan jalan Cilowong-Gedeg di Kecamatan Taktakan.

Apa yang dilakukan Bid Bina Marga DPU Kota Serang tersebut, telah mampu membuka akses-akses jalan yang sebelumnya seakan masih terisolasi.

Sumber Daya Air (SDA)
Seakan tak mau kalah dengan dua bidang lainnya seperti Cipta Karya dan Bina Marga, Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPU Kota Serang juga giat melaksanakan pembangunan dibidangnya. Pada tahun anggaran yang sama, SDA melakukan pemeliharaan saluran pembuangan dengan merehabilitasi daerah irigasi (DI) Cibanten, Sekunder Kemang Cipocok Jaya, dan rehabilitasi DI Skunder Kebanyakan Penancangan, Bendung Kecamatan  Cipocok jaya, Kecamatan Kasemen.

Manfaat
Meskipun masih ada yang beranggapan, capaian kinerja DPU Kota Serang melalui Bidang Cipta Karya, Bina Marga, dan Sumber Daya Air tersebut belum memuaskan, namun kenyataannya masyarakat Kota Serang telah merasakan hasilnya. Hal itu terlihat dari pergerakan ekonomi kerakyatan yang terus merangkak naik dari waktu ke waktu.

Apapun dalihnya, peran infrastruktur sebagai faktor penyokong pergerakan ekonomi kerakyatan di Kota Serang, tidaklah bisa dipungkiri. Sebab, dengan tersedianya infrastruktur (jalan & jembatan, irigasi) yang memadai, maka pemerintah melalui DPU Kota Serang telah berhasil memutus mata rantai ekonomi biaya tinggi. Demikian pula dengan kenyamanan para pengguna jalan dan keresahan para petani pemakai air yang merasa terbantu setelah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.


DPU Kota Serang sendiri, dengan visi dan misi sebagai yang terdepan dalam pelayanan, dan handal dalam penyediaan sarana dan prasarana perkotaan, maka DPU akan terus memaksimalkan semua sumber daya yang tersedia. Tentu saja, untuk mencapai kinerja yang maksimal, dibutuhkan dukungan dari semua elemen masyarakat, baik yang terlibat secara aktif maupun pasif. (Redaksi)-(Sumber: lensabanten)*

0 komentar:

Berita Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Langganan Berita Via Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengunjung Suara Garuda