Rabu, 17 Juli 2013

Jalan Nasional Lintas Sumatera Masih Rusak

Fraksi PAN DPR-RI Mulai Bersuara
Suara Garuda, Rabu 17 Juli 2013.
LAMPUNG- Kondisi infrastruktur jalan nasional menjelang arus mudik lebaran kali, nampaknya akan tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, meskipun waktu mudik lebaran masih terhitung minggu, namun kondisi infrastruktur jalan di Lintas Sumatera masih belum tampak adanya tanda-tanda perbaikan yang berarti.

Kritik tentang kondisi jalan nasional yang rusak itu datang dari anggota Komisi III DPR-RI, Taslim Chaniago. Salah satu ruas jalan utama arus mudik lebaran yang dia kritisi adalah jalan lintas Sumatera dari Lampung menuju Sumatera Selatan. “Banyak yang masih rusak dan harus segera diperbaiki, terutama di jalur Lintas Sumatera bagian Lampung dan Sumsel yang volume kendaraan sudah mulai meningkat," ujarnya.

Untuk mengetahui kondisi lapangan, Taslim bahkan menelusuri Jalur Lintas Sumatera dengan menghendarai mobil secara bergantian sejauh 1347 Kilometer menuju daerah pemilihan di Sumatera Barat dalam rangka reses masa sidang DPR RI. "Ya, saya lewat jalan darat ke Padang. Saya memulai Reses DPR RI lewat darat, sekaligus memastikan jalur mudik Lembaran aman untuk dilalui kendaraan," katanya.

Menurut ketua Kelompok Fraksi PAN di Komisi III DPR itu, dirinya melakukan perjalanan agar Fraksi PAN di DPR RI tidak menerima laporan asal bapak senang. "Saya dan Fraksi PAN di DPR ingin langsung memastikan seperti apa kondisi jalan lintas Sumatera yang sebenarnya, meski jarak yang saya tempuh Jakarta-Padang sepanjang 1347 Kilometer. Dan ternyata ruas jalan antara Jakarta-Palembang, masih banyak rusak,” jelasnya.

Dia juga meminta pihak Kepolisian untuk mempersiapkan pola pengamanan di jalur Lintas Sumatera, karena menurutnya, hingga saat ini, jalan raya tetap menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia, dengan angka kecelakaan di jalur darat terutama setiap arus mudik yang masih tinggi. "Kami ingin tahun ini dapat ditekan, makanya polisi dapat mendekatkan diri dengan pengendara dan memberikan pengertian dan cara aman selama mengemudi," tegasnya.


Tidak hanya pada ruas Lampung menuju Sumatera, jalan lintas Sumatera yang juga mengalami kerusakan cukup mengkhawatirkan terdapat pada ruas lintas Sumatera di Solok, Sijunjung, dan Dharmasraya, di Sumatera Barat. (Redaksi)*

0 komentar:

Berita Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Langganan Berita Via Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengunjung Suara Garuda