Selasa, 16 September 2014

Kasatker PJN Wilayah I Jateng Sampaikan Klarifikasi



Soal Rusaknya Jalan Nasional Kebumen-Purworejo

Suara Garuda;-
JATENG- Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker) PJN Wilayah I Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sumarjono, menyampaikan klarifikasi terkait kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional  Kebumen-Purworejo.

Dalam klarifikasi yang diterima Barak Online Group via pesan singkat pada Senin (15/9/2014) kemarin, Sumarjono menjelaskan, bahwa kerusakan lebih disebabkan karena kandaraan yang melebihi kapasitas jalan.

“Sejak jembatan Comal rusak, mobil-mobil besar lewat selatan. Tidak ada aspal yang dapat bertahan dengan kendaraan yang berlebih kapasitas dan melebihi muatan. Coba cek KIR kendaraan, bandingkan dengan muatannya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk penanganan jalan Kebumen-Purworejo direncanakan penanganan dengan rigid pavement, atau minimal aspal dua lapis. “Dananya tidak mencukupi untuk perbaikan semua. Kerja bukan saja menjelang lebaran, karena kontrak biasanya bulan ketiga, dan 2 atau 3 bulan setelah kontrak pekerjaan sudah banyak,” jelasnya.

Sementara terkait dengan perencanaan, Sumarjono menjelaskan, bahwa perencanaan sudah baik. “Anggaran yang tidak cukup,” katanya.

Lebih lanjut Sumarjono menjelaskan, bahwa panjang jalan Kebumen-Purworejo adalah 129 Km, dan anggaran yang ada hanya untuk pemeliharaan rutin. “Sebagian kecil diaspal satu lapis,” tandasnya.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 11 pada Satker PJN Wilayah I Provinsi Jateng, Farid Hasan menuturkan, bahwa panjang jalan Kebumen-Purwaorejo adalah 64 Km. “Jelang lebaran 100 persen baik, namun sekarang berkurang menjadi 75 persen,” kata Farid.

Dipihak lain, Koordinator Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barak), Danil’s, mempertanyakan perbedaan pernyataan Kepala Satker dengan PPK. “Kami bingung. Yang benar penjang jalan Kebumen-Purworejo itu 129 Km atau 64 Km? Bagaimana bisa ditangani dengan baik kalau panjang ruas saja tidak tepat,” katanya. (Redaksi)*

0 komentar:

Berita Populer

Langganan Berita Via Email

Pengunjung Suara Garuda